Warnet + Game Online Center + RT Rw Net

Advertisemen
Awal Kisah, saya mempunyai akses internet yang di dapat dengan berlangganan di Telkom. Niatnya untuk di pakai sendiri tapi seiring waktu berlalu muncul ide untuk mengkomersialkan Jaringan, itung2 buat nambah2 setoran iuran ke telkom tiap bulanya, mulanya saya membuat Mini Warnet, dengan 3 Buah PC. kira2 1 bulan berjalan banyak permintaan supaya di pasangin Game online di tiap PC, akhirnya saya coba nambah PC lagi menjadi 8 Buah. Awalnya sih g ada Problem, sampai muncul masalah "Download IDM". Kalo ada 1 Client yang lagi download, Client yang lain g kebagian bandwitch bahkan yang lagi main Game jadi Nge-LAG. Cari cara buat ngatasinya  sampe saya ketemu yang namanya Mikrotik. Setelah Punya Mikrotik RB750 Masalah baru pun muncul. Saya sama sekali tidak paham mengkonfigurasi Mikrotik, maklum ilmu saya hanya sebatas Colok Kabel LAN :v. butuh waktu yang cukup lama sampai saya sedikit mengerti tentang mikrotik. Masuk Forum, Bongkar Brangkas google, tanya sini tanya sana agar bisa paham cara menggunakan mikrotik. syukurlah, walaupun tidak begitu paham tapi mikrotik kini sudah berfungsi dengan baik untuk memanage jaringan dan Bandwitch di tempat saya tanpa ada keluhan Ga kebagian Bandwitch ataupun Lag saat Main Game Online.

Lanjut,
Beberapa tetangga minta agar koneksi internet dari warnet saya bisa nyampe di rumah mereka.
saya mengiakan walaupun saya belum mengerti apa yang harus di lakukan.
Setelah mendapat solusi dari google saya pun menambahkan AP LinkSys WRT54GL untuk membagi koneksi ke tetangga (Dengan iuran bulanan), Walaupun Signal yang di terima di laptop tetangga Cuma 2-3 Bar. jadi untuk bisa konek tetangga akan saya kasih password Wifi saya. Sukses :D

sampai terdengar di telinga saya bahwa WiFi saya ikut dipakai oleh orang2 yang tidak bayar Iuran, Oh ternyata Tetangga saya memberikan Password ke Orang lain.

Cari Solusi, Ternyata Mikrotik mampu mengatasi Masalah tadi dengan memanfaatkan Fitur Hotspot yang ada di mikrotik.

Lanjut Lagi, dengan adanya Login Hotspot, saya mau memperluas jaringan  agar bisa mencover wilayah yang lebih luas. maka saya menambahkan 1 per 1 Radio dan Antena.
Sekarang Topologi Jaringan saya seperti gambar dibawah ini
  


Settingan Bullet2HP






Settingan NanoBridge M2




Settingan TP-LINK WA5210G (1)





Settingan Engenius ENH200EXT






Settingan TP-LINK WA5210G (2)




   


Entah, settingan ini sudah Tepat atau belum. 1 hal yang pasti Settingan ini sudah Work di tempat saya, walaupun mungkin ini bukan settinga yang terbaik :D maklum saya hanya bisa coba-coba
 Tapi kalau dilihat dari Signal,Noise dan CCQ saya rasa sudah bagus,  

Semoga Pengalaman saya bisa bermanfaat buat anda :D

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Uphik Lamers - All Rights Reserved - Created By ads Diberdayakan oleh Blogger